-->

Notification

×

Rapat Musyawarah Rencana Membuka Tambang Galian C di Wilayah Desa Sukaluyu

Monday, 11 January 2021 | 20:07 WIB Last Updated 2021-01-11T13:07:21Z



Rapat Musyawarah Rencana Membuka Tambang Galian C di Wilayah Desa Sukaluyu


CIANJUR//JN - Telah di adakannya rapat musyawarah tentang rencana membuka lokasi baru tambang atau "Galian C " di Kampung Bayur RT O4/05, Pembawa acara rapat tersebut di pimpin oleh sodara bapak Zenal Mutaqin, S.H (Sekdes) pada Senin (11/01) di mulai pada pukul 13.00 Wib sampai dengan selesai yang bertempat di lokasi Aula Desa Sukaluyu. Adapun yang hadir di rapat musyawarah tersebut antara lain ketua RT sebanyak 35 orang dan ketua RW 8 orang, ketua BPD Bapak Dadan Hamdan beserta anggota, juga pak Eros (Babinsa Desa Sukaluyu) juga dari anggota Polsek Sukaluyu pun turut hadir menyaksikan jalannya rapat musyawarah tersebut, tak ketinggalan juga tokoh warga masyarakat ada 22 orang dengan jumlah keseluruhan kurang lebih 65 orang.



Bapak H. Uher Suherman, S.H (Kepala Desa Sukaluyu) dalam sambutannya menyampaikan, "saya atas nama Kades tidak bisa memutuskan salahsatu permasalahan atau sebelah pihak, khususnya perihal mau di bukanya tambang baru galian C, karena itu semua dari masyarakat dan untuk masyarakat bukan milik atau hak pribadi kades, jadi dengan diadakannya rapat musyawarah ini kami atas nama Kades, menyerahkan penuh tentang keputusan di buka dan tidak nya Galian C kepada seluruh warga masyarakat, khususnya para ketua Rt/Rw dan juga tokoh masyarakat selaku perwakilan yang hadir pada acara rapat ini." Tegasnya.



"Masalah rekomendasi dari Kades itu soal gampang, tapi yang harus kita pikirkan adalah dampak kondisi jalan Desa kalau ada galian C di lokasi itu mau jadi apa nanti?" ucap Kades.


"yang akhirnya dengan kesepakatan bersama, memutuskan mengambil cara dengan tehnik poting untuk mengetahui setuju dan tidaknya galian C di buka." Tegasnya.



"Dengan kesepakatan dari hasil poting seluruh yang hadir di acara musyawarah tersebut, hasil nya yang setuju 9 orang dan tidak setuju 56 orang, jadi keputusan sementara tambang galian C tidak di setujui oleh hampir seluruh warga masyarakat mengingat apa yang jadi dampak terhadap inprastruktur atau jalan Desa, kalau ada galian C jelas jalan akan menjadi rusak parah."


Kepala Desa bapak H. Uher Suherman, S.H menambahkan, "itulah hasil dari keputusan poting bersama, saya atas nama Kades tidak bisa sewenang-wenang memberikan keputusan karena seluruh Desa Sukaluyu adalah milik semua warga masyarakatnya, jadi bukan milik pribadi, kalau masyarakat setuju sayapun mengikuti atau menyetujui apa kata warga masyarakat dan bukan dalam artian saya tidak setuju, apapun keinginan warga masyarakat selagi itu yang terbaik dan sesuai dengan prosedur atau aturan yang berlaku, saya atas nama Kades sangat siap dalam menjalankan dan mendukung atas dasar kemajuan Desa yang amanah dan sejahtra." tuturnya.


Menurut salahsatu tokoh masyarakat yang enggan di sebutkan namanya, menyampaikan kepada Media JN, "saya sangat tidak setuju dengan adanya bukaan baru galian C karena alasan saya selain lingkungan rusak jalan pun hancur, siapa yang akan bertanggung jawab? dan saya selaku warga masyarakat yang patuh dengan aturan sesuai dengan prosedur apalagi buka baru galian C tidak ada ijin yang resmi malah nambah kacau akhirnya, yang repot masyrakat juga." pungkasnya. (H. Asep MR)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update