-->

Notification

×

Ratusan Hektar Sawah Di Empat Desa Kec. Sukaresmi dan Cikalong Kulon Terancam Gagal Panen

Friday, 26 February 2021 | 20:46 WIB Last Updated 2021-02-27T10:32:02Z




Cianjur, journalnews.co.id - Beberapa waktu lalu akibat curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan longsor di jalur versido Kampung Rawasampih RT. 03 RW. 06 Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi dengan diameter sepanjng 25 meter dengan berkisar 30 meter. Longsor terjadi pada Minggu (20/02) sekitar pukul 15:00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, akan tetapi material longsor mengakibatkan irigasi jebol sehingga saluran air untuk empat Desa menjadi tersumbat diantaranya Desa Cikancana, Desa Sukamahi serta dua Desa dari Kecamatan Cikalong Kulon yakni, Desa Mekar Mulya dan Desa Majayalaya.



Menurut penuturan Dede Suryadi (59) selaku ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), sepanjang 16 KM saluran air yang meliputi empat desa kini mengalami kendala akibat peristiwa tersebut sehingga 600 hektar sawah di empat desa tidak teraliri air.


Gambar: Dede Suryadi ketua GP3A. 

"Akibat pertiwa longsor ini sepanjang 16 KM saluran tidak teralari air sehingga 600 hektar area pesawahan tidak mendapat suplai air" ujar ketua GP3A ketika dikonfirmasi dikediamannya di Desa Sukamahi pada hari Jum'at (26/02).




Dalam penuturan lebih lanjut Ia menjelaskan, meskipun area lahan pesawasahan yang seluas 600 hektar masih terairi oleh curah air hujan. Meski demikian akibat tersumbatnya saluran air irigasi bukan berarti nasib para petani aman dari ancaman gagal panen. Oleh karena dengan Dede Suryadi menghimbau kepada pihak UPTD Pelayan Infrastruktur Irigasi Wilayah IV Cikalong Kulon untuk segera bertindak cepat.


Gambar: Nanang Kepala Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. 


Hal senada juga disampaikan oleh Nanang selaku Kepala Desa Cikencana. Menurutnya Ia sudah berkoordinasi dengan pihak terkait sedari awal mula kejadian longsor, hanya saja sampai berita ini dimuat belum ada tindakan dari pihak terkait.


"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak irigasi, hanya saja sampai saat ini belum ada tindakan riil dari pihak terkait" pungkasnya.(Ben) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update