-->

Notification

×

Kampung Tangguh Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu Yang Tetap Berjalan Dan Masih Produktif

Monday, 8 February 2021 | 18:04 WIB Last Updated 2021-02-08T11:08:57Z


Cianjur, journalnews.co.id - Program Kampung Tangguh adalah kegiatan yg berasal dari Kepolisian Republik Indonesia. Dalam program Kampung Tangguh ini satu Polsek mempunyai satu Kampung Tangguh, ini bertujuan untuk menjaga stabilitas pangan dan perekonomian. Polsek Sukaluyu pembentukan Kampung Tangguh berlokasi di kampung Setiamanah Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur.(8/2) 


Gambar: Waldi Akbar Yacob, ST. Kepala Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur. 


"Di Kampung Tangguh Desa Tangjungsari Kecamatan Sukaluyu, subprogram unggulannya adalah tumbuhan hydroponik dan budidaya lele, yang bertanggungjawab untuk pemeliharaan adalah Rt. Rw. dan Karangtaruna setempat. Kamivdari pihak desa berfungsi dalam pengawasan proses berjalannya Kampung Tangguh tersebut." ungkap Rudiana Kasi Kesra Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu. 




Gambar: Kepala Desa Tanjungsari yang akrab disapa kang Waldi melakukan monitoring dan ikut membantu proses pembibitan lele di Kampung Setiamanah yang dijadikan sebagai Kampung Tangguh. 

"Saya berharap Kampung tangguh ini menjadi contoh bagi kampung lainnya.  Bahkan kedepannya, jika dikelola dengan baik bisa juga menjadi kampung wisata di desa ini. tambah Rudiana yang fokus pengawasan Kampung Tangguh Desa Tanjungsari. 


"Sumberdana berasal dari Dana Desa Polsek Sukaluyu dan APBDes. Secara umum kesadaran masyarakat masih kurang, karena masyarakat khususnya di Kampung Tangguh ini masih belum percaya sepenuhnya dengan adanya Covid-19. Warga Kampung Setiamanah (Kampung Tangguh) melakukan kegiatan seperti biasanya dan tidak merasa takut dengan adanya Corona, namun Protokol Kesehatan dijalankan seperti penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir. ungkap Waldi Akbar Yacob, ST. Kepala Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu. 


Gambar: Rudiana Kasi Kesra Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu. 


"Tujuan Kampung Tangguh ini lebih ditekankan pada ketahanan pangan, prekonomian dan kesehatan. Selanjutnya manfaat dari Kampung Tangguh ini selain mengurangi resiko terpapar Covid-19 juga dari sisi ekonomi bisa tertanggulangi." tambah Kades muda ini menuturkan. 


Gambar: Tanaman hydroponik produk Kampung Tangguh terlihat sehat dan senantiasa di monitoring oleh pihak Pemerintah Desa Tanjungsari. 


"Kampung Tangguh bukan hanya kegiatan seremonial ketika ada program dari kepolisian saja, tapi secara umum dibidang kesehatan dan juga dari sisi prekonomian juga akan terbantu." pungkasnya mengakhiri percakapan.(Reksa/Uzhie)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update