-->

Notification

×

Diduga Pihak UPTD Dan PUPR Tidak Mau Bertanggungjawab Atas Jebolnya Saluran Air Batu Sahulu

Tuesday, 23 March 2021 | 19:05 WIB Last Updated 2021-03-23T12:07:36Z


 CIANJUR, JOURNAL NEWS.co.id - Kurangnya tanggung jawab pihak UPTD PII WIL IV Cikalong Kulon tentang perbaikan aliran air irigasi kawasan bendungan batu sahulu, di Kampung Cisalak Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi. Panjang saluran air yang mengalami kerusakan akibat tertutup puin logsran adalah panjang 41 M.(23/03) 

Akibat hujan deras yang mengakibatkan longsor di kawasan irigasi bendungan batu sahulu persido bulan lalu, yang ketinggianya sekitar 30 M dan mengakibatkan jebolnya saluran air yang mengairi sawah lebih dari seribu hektar untuk empat desa. Desa Cikancana, Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi dan Desa Mekar Jaya, Desa Majalaya Kecamatan Cikalong Kulon.


Dengan jebolnya saluran irigasi ini, pihak UPTD PII WiL IV di duga tidak ada pertanggung jawabanya, malah masalah ini di libatkan ke Kepala Desa Cikancana dan Sukamahi.



seharunya permasalahan ini adalah urusan mitra cai UPTD Cikalong Kulon Bukan urusan Desa dan masarakat.

kepala UPTD Cikalong Kulon Dedi KASUBAG TU menjelaskan kepada awak media MBN JOURNAL NEWS terkait permasalahan, jebolnya saluran air irigasi batu sahulu bahwa permasalahan ini sudah ia sampaikan kepada pihak PUPR kabupaten cianjur, yang sifatnya fermanen, insa alloh usulan kami mudah mudahan dapat refon secepatnya," ujar Dedi.

sejak terjadinya longsor di kawasan irigasi batu sahulu, hingga sampai detik ini bahkan kerusakan pun sudah selesai di perbaiki, namun mana tanggapan dari pihak PUPR kabupaten cianjur hingga detik ini.

kepala Desa cikancana dan Desa  sukamahi yang patut kita hargai, dengan kesemangatanya demi membela masarakat banyak maka masarakat di dua desa pun di kerah kan untuk gotong royong.



karena tanpa ada respon dari pihak Desa Cikancana dan Desa Sukamahi ratusan hektar lahan pesawahan akan gagal panen, serta ribuan masarakat akan menjadi pengangguran, karena lahan yang ia garap untuk bercocok tanam akan patal tanpa adanya air mengalir.


"Harapan masyarakat, baik dari Desa Cikancana maupun Desa Sukamahi, meminta kepada dinas terkait pengairan saluran irigasi bendungan batu sahulu baik UPTD maupun PUPR untuk benar benar bisa bertanggung jawab dalam perihal ini, serta meminta perhatianya yang serius jangan sampai tutup mata, karena kebuthan masarakat adalah kebutuhan pemerintah juga." pungkas salah seorang warga. (Rafli Hidayat) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update