-->

Notification

×

Lama Tak Ada Tindakan Dari Pihak Terkait, Masyarakat Dari Dua Desa Di Kec. Sukaresmi Gotong Royong Tanggulangi Material Longsor

Tuesday, 2 March 2021 | 21:21 WIB Last Updated 2021-03-23T06:49:13Z
Gambar: Masyarakat dari dua Desa (Cikancana & Sukamahi) Laksanakan kerja bakti menanggulangi material longsor


Cianjur, journalnews.co.id - Ratusan warga Desa Cikancana dan Sukamahi Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur laksanakan gotong royong massal bersama Kepala Desa Cikancana, untuk membersihkan bekas puing longsor tebing yang menutupi saluran irigasi di Desa cikancana dengan ketinggian 30 m dan lumpur yang menutupi saluran irigasi panjang 20 m.
Gambar: Kades Ciakancana (Nanang) terjung langsung memimpin kerja bakti


Akibat hujan turun yang begitu deras dan luapan air sungai yang begitu besar, sehingga tebing di atas saluran irigasi batu sahulu runtuh, akhirnya seluruh badan irigasi tertimbun material longsor berupa tanah dan bebatuan.

Nanang selaku Kepala Desa Cikancana yang dibantu staf desa dan masyarakat serta Babinmas, Babinsa Desa Cikancana ikut andil dalam gotong royong bersama warga Cikancana dan Sukamahi, bahkan dalam gotong royong ini karang taruna dan BPD Desa serta Tagana Cikancana berjibaku bersama warga.

Inisiatif kepala Desa bersama staf Desa di sambut hangat oleh masyarakat, karena tanpa adanya bakti bersama dalam bentuk membersihkan matrial lumpur, maka warga Cikancana akan kekurangan pasokan air untuk mengairi area pertanian serta kegiatan dalam rumah tangga, seperti mencuci baju serta peralatan rumah tangga.

Aliran dari irigasi tersebut bukan hanya masyarakat Desa Cikancana saja yang mengunakanya, melainkan masyarakat Desa Majalaya pun membutuhkan aliran irigasi ini. Dengan kekompakan dan kebersamaan masyarakat dari dua desa akhirnya pekerjaan menanggulangi bahan material longsor bisa biasa diatasi dengan baik meski dengan secara manual.

Ratusan warga inisiatif dalam bentuk gotong royong adalah perbuatan yang patut kita hargai, karena tanpa adanya kekompakan yang di pimpin langsung oleh Nanang kepala Desa Cikancana, maka sawah seluas 50 hektar akan terancam gagal panen.

"Dengan adanya rasa kemanusian antara masyarakat dari dua desa antara Desasukamahi dan Desa Cikancana, akhirnya saluran air irigasi dari batu sahulu dapat berfungsi kembali dan bisa menyelamatkan sawah warga dari ancaman gagal panen." pungkas kades cikancana. (Rafli hidayat)

*Berikut adalah cuplikan video kerja bakti masyarakat dari dua desa



No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update