-->

Notification

×

Peletakan Batu Pertama untuk Pembangunan Tempat "ODGJ" di Desa Sukamahi

Sunday, 7 March 2021 | 09:54 WIB Last Updated 2021-03-07T04:09:37Z

Gambar: Kopolsek dan Camat


Cianjur, Journalnews.co.id - Saudar Endang Djamauludin sebagai Kepala Desa Sukamahi dengan Desa Cikancana, Saudara Agus Supyandi Hidayat sebagai Kepala Desa Kubang, Saudari Muryani sebagai Kepala Desa Cibanteng, dihadiri juga pihak Camat Sukaresmi Kabupaten Cianjur Firman Edi, Termasuk Kapolsek Kecamatan Sukaresmi AKP Irwan Alexsander SH, MH, Serta Danramil Kapten Eddie, dan Kepala Puskesmas Saudara Ujang Ruhiat, dari Dinsos pun hadir bersama-sama melaksanakan peletakan batu pertama untuk membangun tempat penampungan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) pada hari Sabtu siang (6/3/21) dikampung Cibadak RT 02/08 Desa Sukamahi. Dengan ukuran 10x6 m. Warga masyarakat antusiasm merespon baik. Karena sangat diperlukan tempat untuk orang tersebut supaya terurus seperti biasanya orang dirumah, pelaksanaan ini berjalan tidak ada hambatan lancar dengan tertib. 



Gambar: Koplsek, Camat dan Danramil


Menurut salah satu warga setempat yang enggan disebut namanya, mengatakan "memang nyata tidak punya pasilitas dan baru melihat seorang perawat Puskesmas sudah sangat peduli membatu kepada ODGJ, maka dari itu patut dan pantas diapresiasi", tuturnya.



Gambar: Koplsek, Camat dan Danramil


Lalu pihak jurnalis JN menemui Saudari Rosini sebagai perawat itu, tentunya diterima denga baik. Beliau menyatakan, "pada awalnya saya begitu melihat orang itu terinspirasi  langsung mengambil inisiatif membawa yang berada diwilaya Desa Sukamahi, sehingga ingin menyembuhkan bagaimana caranya saya mencoba mengobati orang, dengan pengalaman yang terbatas. Pastinya mereka mau sembuh seperti orang biasanya, Tentang masalah  pengobatan metode pisik dan batin terus menerus dilakukan tidak mengenal rasa lelah untuk melaksanakan cita-ctia supaya terwujud demi mereka sembuh dan prihal untuk memberi makannya kepada mereka  yang berjumlah sebanyak (14 jiwa) hanya sealakadarnya mereka makan selalu dibantu oleh warga sekitar lingkungan." tutur perawat. 



Gambar: Salahsatu ODGJ yang Sudah Sembuh


Lanjutnya, "perjuangan saya Alhamdulilah di Qobul degan ijin Allah mereka menjadi sembuh diantara sudah empat orang yang sembuh itupun harus benar-benar diawasi, juga atas dorongan do'a dari semua pihak. Lalu saya kordinasi dengan pihak aparat Desa, ternyata sangat di respon oleh empat Desa diantaranya Desa Sukamahi, Desa Kubang, Desa Cibanteng dan Desa Cikancan. Kades menyampaikan "akan dimusawarahkan terbebih dahulu mengenai pembangunan sarana untuk ODGJ tentunya sangat penting, kerena yang terkendala saat ini hanya tempat tidak memadai," ungkapnya.


Kepala Desa Cikancana Saudara Nanang, mengungkapkan "bahwa ketika dikontrol kelapangan faktanya benar belum ada tempat penampungan, kemudian rempug musawarah dengan desa yang terkait hasilnya.  "Kades Cikancana langsung ditunjuk sebagai pemimpin dalam rencana pembangunan ini. Beliau menyatakan "memang membangun itu mudah dibicarakan, akantetapi sulit dilaksakan meski hadir keseriusan itupun ada proses dan perlu waktu.


"Ini merupakan sebuah tujuan mulia berjuang sesuai kemapuan dalam hal ini, juga harus ada pengorbanan antara lain materi, tenaga, disertai pikiran untuk demi tercapainya sebuah tujuan dan mempertajam koordinasi dengan Desa yang terlibat, termasuk pihak Kecamatan, Danramil juga Kapolsek bukan hanya mendukung akan tetapi memberikan apa yang dibutuhkan hal tersebut. Tersimpul dari empat 4 Desa telah sepakat siap akan memberi bahan-bahan yang diperlukan untuk membangun. Desa Cibanteng bantu pasir 2 engkel, Desa Kubang pasir 2 engkel, Desa Sukamahi Hebel 10m³, Desa Cikancana semen 40 sak ditambah kayu secukupnya, Camat bantu semen 10 sak plus besi 10 batang, Kapolsek bantu besi secukupnya, Danramil bantu genting secukupnya. Keberhasilan ini bukan semata-mata hasil perorangan melainkan hasil kerjasama bersinergi antara pemerintah, aparat dan masyarakat. Dimohon minta partisipasi dari pemerintah Kabapaten dan pemerintah pusat." pungkas Kades yang begitu peduli terhadap warganya. (Ateng permana)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update