-->

Notification

×

Pemkab Banggai Salurkan Bantuan Kewirausahaan Desa Berdaya Baru

Thursday, 25 March 2021 | 12:19 WIB Last Updated 2021-03-25T05:29:53Z


Pemkab Banggai Salurkan Bantuan Kewirausahaan Desa Berdaya Baru


Banggai, Sulteng/ journalnews.co.id: Tepat pukul 09.00 Wita, hari Senin, tanggal 24 Maret 2021, ada kegiatan yang tidak biasa terjadi di Rumah Muallaf Rumah Zakat Banggai. Sekitar 20 orang ibu rumah tangga menggunakan jilbab dan memakai masker sedang berkumpul. Sesekali sesama mereka terlibat pembicaraan serius. Nampak juga beberapa PIC Rumah Zakat yang menggunakan rompi. 


Ternyata mereka adalah ibu-ibu rumah tangga yang akan mendapatkan bantuan modal usaha dan sarana prasarana dari Rumah Zakat. Selama ini mereka telah menggeluti usaha kecil-kecilan sambil menjadi ibu rumah tangga. Ada yang keseharian menjual kue. Ada yang buka warung nasi kuning dan milu siram. Ada yang punya kuis sembako. Ada juga yang punya warung makan kecil-kecilan. 




Mereka adalah para ibu yang telah terjaring untuk mendapatkan bantuan dari Desa Berdaya Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. Selama ini Program Desa Berdaya Baru telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dengan keberadaan seorang Relawan Inspirasi Rumah Zakat di dalamnya. 


Menurut Rella Nurbaeti sang relawan inspirasi, bantuan diberikan oleh rumah zakat untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil. Diharapkan dengan bantuan tersebut dapat berdaya dan menjadi pengusaha nantinya. Sehingga dana zakat bisa merubah keadaan seorang mustahik menjadi muzakki. 


Menurut Rella, masing-masing diberikan bantuan sejumlah Rp. 2.100.000 untuk tahap pertama. Bantuan ini untuk menambah modal usaha dan memperbaiki sarana usaha. 


"Apalagi, para ibu akan segera menghadapi bulan Ramadhan. Minat konsumsi masyarakat muslim biasanya meningkat. Sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran, kepada para mustahik yang sedang membangun usaha, dan tepat guna, karena akan dijadikan modal usaha menghadapi bulan Ramadhan" ungkap Rella. 


Satu persatu para ibu yang telah menandatangani kwitansi bermaterai kemudian diberikan dana tunai sejumlah Rp. 2.100.000 secara langsung oleh Relawan Inspirasi. Tidak lupa, di akhir acara, para ibu foto bersama dan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat dan Pemerintah Kabupaten Banggai. (Rella N/ Muhammad Umar S)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update