-->

Notification

×

Perguruan Silat Giri Sinar Putra Abuy Mande Merawat Tradisi Karuhun Sunda

Tuesday, 9 March 2021 | 15:59 WIB Last Updated 2021-03-10T10:29:16Z


CIANJUR, journalnews.co.id - Masarakat Kampung Sinar Layung RT 02/05 Desa Ciandam kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Membentuk Perguruan Pencak Silat dengan nama Perguruan Giri Sinar Putra Abuy, yang bertujuan mengembangkan serta mendidik anak-anak di usia dini, serta mengenang ilmu beladiri dari para leluhur seni sunda pencak silat.


Sekitar abad 18, muncul pencak silat di Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur, yang di pelopori oleh H. ibrahim atau biasa dikenal dengan nama Gan Aim. Bahkan  dinamai pencak silat Cikalongan, sedangkan gerak yang diperagakan adalah gerak bela diri.


Cianjur adalah satu wilayah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Tepatnya di Cikalong, ada sebuah kesenian yang dinamakan pencak silat aliran Cikalong, tapi walau demikin H ibrahim pun mempelajari ilmu pencak silat Cimande, karena ia pun bersahabat dengan Abah Kahir selaku sesepuh perguruan pencak silat Cimande.


Ketua Pencak Silat Oyan dan Tengki  kampung Sinar Layung Desa Ciandam bertujuan untuk mengembangkan keterampilan anak-anak dalam bentuk ilmu bela diri.


Bahkan seni sunda ini adalah tujuan utamanya untuk membina kaum muda, supaya tidak mudah terbawa arus yang negatif.


Dengan alat seadaanya para anak buah perguruan GIRI SINAR PUTRA ABUY tetap semangat belajar untuk memahami gaya badan gerak dan langkah selayaknya ilmu bela diri. 


"Walaupun kesenian dengan alat sederhana namun sangat banyak diminati  masyarakat sunda, bahkan perguruan pencak silat GIRI SINAR PUTRA ABUY sering mendapat panggilan ke wilayah selatan Kota Cianjur, serta group ini pun patuh dengan aturan protokol kesehatan covid19, selalu menjaga jarak, memakai masker sesuai dengan aturan yang di tentukan." ujar Mansur sang  pelatih silat. (Rafli Hidayat)

*Berikut adalah cuplikan videonya:

https://youtu.be/qatm_JW8ayc


No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update