-->

Notification

×

Sijago Merah Beraksi, Gudang Penyimpanan Kimia Bedeng Sari Habis di Lumat

Tuesday, 23 March 2021 | 14:53 WIB Last Updated 2021-03-23T07:53:14Z
Gambar: Gudang kimia yang hangus terbakar


Cianjur, journalnews.co.id - Telah terjadi kebakaran Selasa pagi (23/03/21) sekitar pukul 08:00 WIB di salah satu gudang penyimpanan bahan kimia milik PT. Sinerga adapun jenisnya yakni Chelaton serbuk alumunium kering (alumunium towas powder). Adapun owner PT. Sinerga yakni seorang pengusaha atas nama H. Baharudin manurung yang beralamat di wilayah Kampung Bedengsari RT 04/06 Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur.


Gambar: Drum tempat penyimpanan bahan kimia yang mudah terbakar


Menurut salah satu pekerja yang namanya enggan dipublikasi, Ia menjelaskan,

"Memang betul ini salah satu PT. Sinerga atau gudang pengolahan dan penampungan zat kimia jenis Chelaton serbuk Alumunium dan juga limbah lainnya" ujarnya diawal penjelasan.

"Adapun awal terjadinya kebakaran Saya kurang begitu paham, tapi di saat Saya lagi ngopi tiba-tiba ada kepulan asap dari dalam gudang perusahaan, etelah Saya cek ternyata memang betul gudang perusahaan tersebut kebakaran dan Saya pun segera melapor kepada pihak pemadam kebakaran (DAMKAR) dan juga memberitahukan kepada ketua RT dan warga sekitar lingkungan kampung Bedeng sari" tuturnya

Cecep selaku dari pihak operator Damkar juga menambahkan keterangan atas tragedi kebakaran tersebut,


"Pihak anggota pemadam kebakaran (DAMKAR) setelah menerima laporan dari warga yang di berprofesi sebagai tukang ojeg, langsung turun ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran dengan membawa dua unit mobil pemadam kebakaran yang di pimpin ketua regu sodara Uuh kuswandi dengan kanit Asep ruswana dari mako dua Ciranjang bersama anggota tim yang berjumlah 10 orang langsung mengevakuasi untuk pemadaman api" terangnya.

"Adapun yang hadir baik dari pihak anggota kepolisian Polsek Sukaluyu yang di pimpin Anaga Budiharso, SIK, MSi, selaku Kapolsek Sukaluyu dan Sugeng kanit reskrim Dadang kanit intelkam beserta anggota lainnya dan juga Bhabinsa desa Hegarmanah dan Camat Kecamatan Sukaluyu Dadan Miharja beserta relawan lainnya. Mereka turut memantau dan membantu untuk evakuasi pemadaman api tersebut" imbuhnya.



"Dalam waktu satu setengah jam api dapat di padamkan dan penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian dan informasi sementara, kebakaran tersebut diakibatkan dari korsleting arus listrik dan ada juga dari percikan api saat pekerja sedang ngelas" Tuturnya.

Asep Ruswana (kanit Damkar) saat di kompirmasi awak media menjelaskan,

"Dari awal evakuasi, sesuai informasi yang Kami terima tentang kebakaran gudang kimia milik perusahaan PT. Sinerga dengan luas 1 H/150 M² dengan total kerugian yang diperkirakan berkisar Rp. 90.000.000,- (sembilan puluh juta rupiah)" ungkapnya 

"Dengan ad nya kejadian kebakaran tersebut semoga menjadikan bahan pembelajaran dan perhatian bagi seluruh warga masyarakat" himbau diakhir penjelasan. (H.Asep .MR)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update