-->

Notification

×

Dekan dan Dosen FDK UIN Bandung Hadiri Kegiatan Mudzakarah Perhajian Indonesia

Thursday, 1 April 2021 | 12:55 WIB Last Updated 2021-04-01T05:57:02Z


Dekan dan Dosen FDK Hadiri Kegiatan Mudzakarah Perhajian Indonesia


Bekasi/ journalnews.co.id: Selasa (30/03) Dekan dan Utusan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung menghadiri kegiatan Mudzakarah Perhajian Indonesia tahun 2021. Agenda bertajuk "Mitigasi Haji di Masa Pandemi" diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal PHU Kementerian Agama RI. Agenda dilaksanakan pada 30 s/d 31 Maret 2021, bertempat di Hotel Horison, Kab. Bekasi


Agenda kegiatan berkaitan dengan Focus Group Discussion (FGD) mengenai antisipasi dan skenario pelaksanaan haji tahun 2021. Dimana kegiatan ini dilangsungkan untuk memetakan solusi konkret problematika haji di masa pandemi. Selain itu, agenda mudzakarah dilaksanakan pula untuk menyiapkan regulasi haji dan ta'limatul haji Arab Saudi.


Utusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi dihadiri oleh Dekan FDK (Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag); Wakil Dekan 2 FDK (Prof. Dr. H. Dindin Solahudin, M.Ag); Ketua Jurusan MD (H. Arif Rahman, S.Ag., M.Pd); Sekretaris Jurusan MHU (Dr. H. Rohamnur Aziz, M.Ag); Sekretaris Jurusan BKI (H. Dede Lukman, M.Ag); dan Staf Dekanat (Asep Marpu).


Dekan FDK, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag dalam rilisnya menyampaikan bahwa kegiatan Mudzakarah perhajian memiliki urgensi dan signifikansi dalam membaca berbagai dinamika perhajian di Indonesia, terutama di masa pandemi. 


"Kegiatan ini adalah inisiatif luar biasa, mengingat bahwa di masa pandemi pelaksanaan haji di Indonesia. Misalnya dalam pelaksnaaan sertifikasi, pelaksanaan secara online adalah pilihan untuk menjamis pelaksanaan haji dilaksanakan secara profesional", ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Jurusan MD menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Mudzakarah Perhajian. Ini merupakan agenda strategis dalam menjawab tantangan dan problematika haji di masa pandemi.


"Kegiatan ini sangat relate dengan persiapan perhajian di Masa pandemi. Bagaimanapun kita harus memastikan pelaksanaan ibadah haji kondusif dalam berbagai dinamika apapun", tandasnya.


Kegiatan Mudzakarah merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh Kemenag RI. Hadir sebagai narasumber antara lain: Menteri Agama RI, Dirjen PHU Kemenag RI, Kepala Pusat Kesehatan Haji, Penerbangan dan Kedutaan Besar Arab Saudi.


Sementara itu, unsur peserta terdiri dari akademisi PTKIN, FK KBIHU, Para Kabid Haji di Kanwil Kemenag Seluruh Indonesia, Unsur Ormas Islam dari NU, Muhammadiyyah dan Persis, unsur MUI dan Asosiasi Travel Haji dan Umroh.


"Semoga kegiatan Mudzakarah menjadi forum dalam menguatkan regulasi haji di Indonesia", pungkas Arif (RR02/ RM)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update