-->

Notification

×

Kopri PMII STAI Al-Azhary Cianjur, Sukses Gelar Wisata Religi

Thursday, 1 April 2021 | 23:28 WIB Last Updated 2021-04-01T16:34:56Z


Kopri PMII STAI Al-Azhary Cianjur, Sukses Gelar Wisata Religi


Cianjur/ journalnews.co.id: Menjelang bulan suci Ramadhan, masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Tak terkecuali di Cianjur, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat Cianjur mempunyai tradisi unik yaitu papajar. Tradisi ini dilakukan dengan melakukan sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya.


Sebagai organisasi mahasiswa Islam yang lahir dari rahim para ulama, anggota dan pengurus PMII mengisi kegiatan papajar dengan hal-hal yang bernuansa islami, yaitu dengan berziarah. Dengan kebiasaan papajar yang sudah menjadi kultur masyarakat Cianjur yang tidak bisa dihilangkan, maka anggota dan pengurus Korps PMII STAI Al-Azhary Cianjur tetap merawat budaya itu, hanya saja dengan kemasan yang berbeda.



Dihadiri pula oleh PC PMII Kabupaten Cianjur dan IKA PMII Kabupaten Cianjur, tepat pada hari Kamis, 1 April 2021 kegiatan itu dilaksanakan. Dengan titik kumpul di kampus Al-Azhary Cianjur, rombongan berangkat pada pukul 12.30 dan sampai di area lokasi makam Raden Aria Wiratanu Datar atau dikenal juga dengan Eyang Dalem Cikundul pada pukul 13.35. Raden Aria Wiratanu Datar merupakan Bupati Pertama Cianjur (1677-1691).


Sesampainya di lokasi, kita perlu menaiki 170 anak tangga untuk sampai ke makam. Sebab, lokasi makam berada di atas bukit. Tanpa mengurangi antusias anggota dan pengurus, prosesi ritual ziarah tetap berjalan dengan penuh khidmat bersama rombongan lain yang datang dari berbagai daerah.


Sahabat Ridwan selaku Ketua 1 Bidang Kaderisasi PC PMII Kabupaten Cianjur menuturkan bahwa kegiatan ziarah ini harus terus dilakukan sebagai pengaplikasian dari al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah. PMII tidak akan pernah ada tanpa jasa para ulama. 


" Saya berharap anggota dan pengurus bisa mengambil ibrah (pelajaran) dari kegiatan wisata religi ini." Ujar Ridwan.


Hal senada diucapkan oleh Ketua PK PMII STAI Al-Azhary Cianjur sahabat Junaedi yang mengatakan bahwa,  Raden Aria Wiratanudatar Dalem Cikundul atau biasa disapa Mama cikundul merupakan salah seorang tokoh pemimpin di Cianjur, juga merupakan ulama yang banyak sekali giroh semangat berkhidmat terhadap umat. Kita harus teguk pelajaran dari semangat beliau dan tentunya harus di aplikasikan di level masing-masing.


Ketua Umum Korps PMII Putri Al-Azhary, sahabat Alya Siti Zulaikha, lebih menekankan pada output dari kegiatan ziarah tersebut. Ia menuturkan bahwa PMII adalah organisasi mahasiswa Islam yang lahir dari rahim para ulama, maka setiap kegiatan yang dilakukan oleh anggota dan kader PMII, harus menjadikan kita sebagai pengurus dan anggota PMII semakin bertaqwa kepada Allah. Tidak sampai disitu, kita harus tetap konsisten dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, dimulai dari diri sendiri dan bermuara pada kemaslahan bersama.


"Semoga kegiatan yang dilakukan anggota dan pengurus PMII, menjadi wasilah untuk mendapatkan keberkahan." Tutup Alya. (Wandi R)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update