-->

Notification

×

LMDH Gelar Rembug Dengan Pemerintah Perhutani

Saturday, 10 April 2021 | 06:04 WIB Last Updated 2021-04-09T23:04:14Z


LMDH Gelar Rembug Dengan Pemerintah Perhutani


Bandung/ journalnews.co.id: Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jawa Barat menggelar Rembug bertema “Kolaborasi Membangun Hutan Lestari Masyarakat Desa Hutan Sejahtera” yang dihadiri 60 Pengurus LMDH bertempat di Perum Perhutani Provinsi Jawa Barat dan Banten pada Jum'at (09/04/2021)


Rembug LMDH ini dihadiri 60 pengurus dari berbagai wilayah Jawa Barat dan disambut beberapa pimpinan dari Kepala Perhutani Divisi Regional  Amas Wijaya, Kabid Dinas Kehutanan Dadang Wandara, Ketua Almadhina Asosiasi Lembaga Masyarakat Hutan Indonesia Muhammad Adib, dan Di moderatori Dr. Wahyu Gunawan.




Acara disambut antusias pengurus dengan melemparkan pertanyaan terkait pengelolaan hutan. Salah satu pengurus menanyakan bagaimana menarik millenials agar terlibat dalam pengelolaan hutan, karna dirasa millenials kurang berkontribusi perihal kehutanan. Dijawab Dadang Wandara “terkait partisipasi millenials, Pemprov Jabar akan menggelar millenials bertani yang sudah di informasikan melalui media massa” singkatnya.


Selain itu salah satu pengurus meminta pemerintah menyediakan akses internet wifi untuk area pariwisata kawasan hutan, hal tersebut guna memfasilitasi pengunjung. Tak hanya fasilitas lain, pengurus LMDH menanyakan kejelasan perihal UU Perlindungan Sosial terkhusus yang tertulis dalam Omnibus Law Pasal 23.


Kemudian Kabid Dinas Kehutanan memaparkan bahwa kondisi LMDH sebagai oposisi ini mempunyai peran strategis di perhutanan Jawa Barat sehingga sangat berdampak pada kepntingan daya hokum di Jawa Barat. Dinas perhutanan menyebut tantangan untuk mengelola perhutanan adalah dengan meningkatkan pencapaian perhutanan dengan meningkatkan prodiksi hasil hutan serta mengelola fungsi hutan sesuai kawasannya. Menjawab tantangan tersebut hasil rembug ini diharapkan menghasilkan kesinambungan gerak antar wilayah agar mendapat arah yang jelas dan menjadikan masyarakat sekitar kawasan hutan lebih sejahtera. (AY)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update