-->

Notification

×

Warga Babakan Karet Cemas Kabel PLN Menjuntai Diduga Tidak Sesuai Standar

Tuesday, 13 April 2021 | 02:03 WIB Last Updated 2021-04-13T03:46:27Z


Gambar: Kabel yang terjuntai di atas permukaan tanah, buat warga Babakan Karet cemas dan waswas.


Cianjur, journalnews.co.id - Masih banyaknya bentang kabel listrik milik PLN yang tidak memenuhi standar di Kab.Cianjur, seakan tidak terurus dan berpotensi membahayakan, cemaskan warga. Selain banyak ditemui di daerah Ciranjang, Mande dan Cikalong Kulon rupanya kabel  di Kampung Babakan Karet RT 03/01 Desa Babakan Karet Kecamatan Cianjur juga tidak sesuai standar.

Menurut beberapa sumber, kabel bertegangan tinggi standar ketinggiannya adalah 11 meter dari permukaan tanah sedangkan untuk tegangan rendah tidak kurang 7 meter dari permukaan tanah dengan rata-rata ketinggian 9 meter. Namun kabel di daerah Desa Babakan Karet yang tempatnya di dekat the jon's ketinggiannya diperkirakan hanya 40 cm dan bahkan kabel terusannya menjuntai diatas permukaan tanah. Tentunya hal ini sangat membahayakan masyarakat yang hendak beraktifitas di daerah tersebut.



Gambar: Ilustrasi bahaya arus listrik, sumber google.


Suminten (55) Warga setempat pun mengkhawatirkan kondisi kabel tersebut. Menurutnya kabel yang landai dan menyentuh permukaan tanah sangat membahayakan terkhusus bagi anak-anak. Menurutnya juga, setelah adanya kejadian seorang anak di Kecamatan Ciranjang meninggal akibat tersetrum gara-gara menyentuh kabel yang landai, pihak PLN mestinya lebih mawas diri dalam segala bentuk kinerja dan tanggungjawabnya.




"Kalo anak-anak sedang main layangan gak sadar bisa memegang kabel tersebut dan itu sangat membahayakan keselamatan." ucapnya dengan nada cemas.

Oleh karena itu Suminten berharap pihak PLN bisa dengan segera memperbaiki kondisi tersebut sesuai dengan standar yang berlaku sebelum adanya hal yang tidak diharapkan terjadi.

"Saya harap pihak PLN segera memperbaiki kabel yang membahayakan ini biar warga ada rasa aman" pungkas Suminten kepada awak media JN Kemarin Senin (12/04). (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update