-->

Notification

×

Masyarakat Desa Baru Nagari Demo Soal Penyelewengan BLT Covid-19

Wednesday, 28 April 2021 | 20:33 WIB Last Updated 2021-04-28T13:33:32Z
Gambar: Masyarakat Desa Baru Nagari tengah meminta keterangan dari pihak Pemdes.


Painan, journalnews.co.id - Masyarakat Nagari Kampung baru korong nan ampek berunjuk rasa dan mendatangi kantor wali nagari untuk mempertanyakan bantuan langsung tunai (BLT) dana Covid-19 yg bersumber dari dana desa (DD) pada hari Rabu (28/4/21).

Adapun masyarakat yang berunjuk rasa di temui oleh wali nagari, anggota bamus dan salah satu dari babin Kamtibmas. Akan tetapi pertemuan masyarakat dengan pihak wali nagari menemui jalan buntu dan tidak membuahkan hasil.

Wali nagari menjawab semua pertanyaan yang tidak sesuai dengan apa yang di pertanyakan masyarakat sebab dana bantuan Covid-19 yg bersumber dari DD tersebut dan hanya di distribusikan oleh pihak pemdes nagari pada tahap pertama sebanyak 198 kepala keluarga (KK) dan tahap ke 2 kepada lansia sebanyak 15 orang saja serta tahap ke 3 sebanyak 5 orang dan selebihnya di arahkan kepada pembangunan fisik infrastruktur, maka masyarakat menduga pihak pemdes dan bamus menyalurkan DD tidak tepat sasaran. Sebab menurut masyarakat, DD seharusnya di salurkan untuk percepatan penyegaran ekonomi masyarakat yg mana pada wabah Covid-19 melanda masyarakat dan terkena dampak ekonomi yang sangat parah.
Gambar: Data penerima BLT yang dinilai janggal oleh masyarakat.

Begitu juga keterangan yang dijelaskan oleh YN dan RA yang mana pihak wali nagari tidak akan mencairkan bantuan tersebut kepada pihak masyarakat walaupun itu sudah di atur oleh  PERMENDES tahun 2020 tentang bantuan penaggulangan ekonomi masyarakat terhadap wabah Covid-19 karna wali nagari selalu bersikukuh pada pendiriannya tanpa menghiraukan nasib ekonomi masyarakat.

"Kalau masyarakat mau melapor silahkan begitu kata wali nagari" ujar YN menirukan ucapan wali nagari.

Menurut penuturannya juga, masyarakat desa baru akan membawa masalah ini ketingkat penegak hukum dan masyarakat yang penerima dana Covid-19 akan melaporkan dugaan penyimpangan ini kepada pihak tipikor Polres Pesisisr Selatan. (yl)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update