-->

Notification

×

Membiasakan Ibadah Sederhana

Wednesday, 21 April 2021 | 13:07 WIB Last Updated 2021-04-21T06:07:44Z

Foto: H. Dedi Herdiana, MM; Penulis adalah Pemerhati Sosial dan Sekretaris Jurusan pada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN SGD Bandung.


OPINI, journalnews.co.id: Melaksanakan ibadah dalam catatan theologis bukan hanya sebuah keniscayaan bagi manusia. Ia adalah amanah ilahiyah yang menyebabkan terbentuknya kehidupan cosmo ini. Tidak akan pernah ada kehidupan dalam semesta ini kecuali untuk tegaknya ibadah. Diantara ibadah sederhana yg dikenang sesama dan memiliki nilai sosiologis tinggi adalah berusaha menyenangkan hati sesama  dan berusaha menyelami agar orang lain tidak merasa agitasi dengan kehadiran kita. Seorang muslim harus berupaya membuat orang lain nyaman tersenyum senang  dan selalu berupaya untuk membuat urusan berat menjadi mudah disolusi. Nabi bersabda : "mudahkan urusan orang dan jangan engkau persulit". Al hadits.


Jika treatmen yang  kita bangun demikian adanya, Tuhan akan memberikan reward dengan cara memudahkan terbukanya capaian "bahagia" di dunia dan pintu "surga" kelak.


Tidak lama lagi kita akan memasuki hari bahagia yang dihiasi ketersediaan makanan enak dan  pakaian baru yang kita kenakan untuk kita dan keluarga. 


Melengkapi kebahagiaan kita di hari yang fitri, kita coba installkan dalam diri kebiasaan untuk menyenangkan hati orang lain dengan amalan sederhana, bersikap husnudzon, memberi senyuman pada sesama, bersikap rendah hati atau menyisihkan sebagian harta dalam bentuk sidqoh atau zakat maal untuk disalurkan pada sahabat dan keluarga yang teramat memerlukan. 


Lengkap sudah kebahagiaan kita manakala kerabat kita turut merasakan arti kasih sayang yang kita berikan sekecil apapun di masa pandemi ini meskipun dalam bentuk santunan sederhana sekalipun. 


Pada posisi seperti ini, kita sedang memantaskan diri sebagai manusia terbaik yang memberi manfaat untuk sesamanya dan sekaligus kitapun sedang menanti cintanya penghuni langit dan bumi atas cinta dan kasih sayang yg kita berikan pada sesama. Semoga kita menjadi kontestan saum yang muttaqiin, Amin. (Redaksi)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update