-->

Notification

×

Menjelang Ramadhan, Pedagang Ayam Ketiban Keuntungan

Monday, 12 April 2021 | 13:14 WIB Last Updated 2021-04-12T06:14:14Z
Gambar: Kumin, tengah mengecek kondisi ayam yang hendak dijual


Cianjur, journalnews.co.id - Munggahan merupakan tradisi masyarakat Islam suku Sunda yang diperuntukan menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya'ban (satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan). Bentuk pelaksanaannya bervariasi namun pada umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama (botram), saling bermaafan, dan berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, atau mengamalkan sedekah munggah.

Dalam tradisi munggahan ini khususnya di Cianjur Jawa Barat seringkali dilakukan berupa mengunjungi keluarga dan kerabat membawa oleh-oleh membawakan ayam untuk dipotong, diolah dan di santap bersama.

Melihat momen tersebut, Ludi (33) dan Kumin (35) di Kampung sodong RT 02/04 Desa Mekargalih Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur mencoba keberuntungan dengan membuka lapak jual ayam di pingir jalan untuk kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan tradisi munggahan.
Gambar: Ludi dan Kumin hendak potong ayam pesanan pembeli

Rupanya dalam kesempatannya tersebut nasib berlaku baik kepada mereka berdua, apak Ludi dan Kumin yang buka sedari pukul 07: 00WIB sampai jam 12.00 siang sudah laku 40 ekor ayam yang terjual.
Gambar: sisa beberapa ekor ayam yang belum terjual

"Alhamdulillah, diluar dugaan. Awalnya Kami kira di munggahan yang masih dalam masa pandemi rupanya antusias masyarakat dalam menyambut bulan suci masih tinggi" ujar Ludi

"Mungkin karena munggahan ini tradisi leluhur yang diwariskan secara turun temurun sehingga masyarakat pun tetap antusias melaksanan momen mungguhan menyambut bulan suci tahun ini" tambah Kumin sambil mengakhiri perbincangan. (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update