-->

Notification

×

Pembangunan Jembatan Penghubung Dua Desa Mulai Dipasang Besi Penyangga

Thursday, 8 April 2021 | 09:02 WIB Last Updated 2021-04-08T02:02:25Z
Gambar: Besi penyangga jembatan yang sudah mulai berdiri


Cianjur, journalnews.co.id : Tujuh hari sudah berjalan, pembangunan jembatan penghubung antara Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu dan Desa Langensari Kecamatan Karang Tengah, tepatnya di wilayah kampung Pasir kacung dan kampung Jangga sudah memasuki tahap pemasangan besi penyangga a bentangan tali seling gantungan jalur jembatan tersebut. Pemasangan ini dilaksanakan pada hari Rabu (7/5/21).
Gambar: Para pekerja tengah membangun penyangga jembatan


Abas, selaku ketua pelaksana pembangunan jembatan menjelaskan, rencana dari pembangunan jembatan ini sepanjang 30m dengan lebar 120 cm. Hal ini sesuai dari instruksi dan arahan pihak Desa Sukaluyu selaku pemegang kewenangan.

"Untuk pembangunan jembatan sepanjang yang di perkirakan 30 meter dengan lebar 120cm ini, Kami dan rekan - rekan pekerja hanya menjalankan sesuai perintah dari pimpinan (PT Telkom)" ujar Abas.
Gambar: Jembatan yang akan di renovasi



Menurut Abas agar pekerja tidak dihujani dengan beragam pertanyaan oleh masyarakat terkait pembangunan tersebut, menurutnya pihak Pemdes segera membuat papan informasi demi menjawab pertanyaan dan transparansi pembangunan terhadap masyarakat.  

"Menurut pendapat kami memang betul di setiap pekerjaan atau pembangunan di haruskan adanya papan informasi, biar seluruh warga masyarakat paham dan tidak ada timbul kecurigaan publik. Tapi kami akan berusaha untuk menyampaikan kepada pihak pimpinan agar papan informasi segera dipasang di lokasi." Ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Halimi selaku masyarakat yang turut serta dalam pembangunan, karena menurutnya menjawab banyak pertanyaan dari masyarakat akan menyita waktu kerja meskipun beberapa menit saja, sehingga efektifitas dalam pengerjaan menjadi menurun.

"Memang betul disetiap proyek itu harus ada yang namanya papan impormasi baik data anggaran, lamanya pekerjaan dan dari mana anggaran tersebut jelas adanya di papan informasi. Karena menjawab pertanyaan itu dari setiap masyarakat akan mengganggu pekerjaan yang tengah di upayakan oleh para tenaga kerja. Kalo ada papan informasi kan enak" ujar Halimi.

"Memang sebagian masyarakat udah pada tau anggaran pembangunan ini dari CSR yang dikucurkan PT Telkom. Cuman kalo ada papan informasi masyarakat yang belum tahu pun bisa jadi tau yanpa bertanya kepada Kami yang yengah belerja" tambahnya.

Dalam penuturan lebih lanjut Ia menjelaskan terkait kebanggan dengam dibangunnya jembatan ini yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), selain itu jika sudah selesai jembatan tersebut akan menjadi akses masyarakat yang lebih mudah dan efektif.

"Kalau masalah bangga jelas dengan adanya pembangunan jembatan ini saya pribadi sangatlah mendukung dan rasa syukur yang paling dalam dengan alasan sudah beberapa kali pengajuan baik Pemdes sukaluyu dan masyarakat baru tahun ini bisa di realisasikan dan terbukti meskipun ada rasa kekhawatiran. Semoga lancar dan cepat selesai itulah harapan dari seluruh warga masyarakat pada umumnya." tutur Halimi selaku.

H.Uher Suherman, SH selaku Kepala Desa Sukaluyu saat dikonfirmasi di ruang kerjanya juga menjelaskan terkait papan informasi yang belum terpampang. Menurut penuturannya, baik itu papan informasi dan sebagainya yang berkaitan dengan pembangunan jembatan itu merupakan bagian dari pengelola, Pemdes hanya mengajukan anggaran pembangunannya saja. Akan tetapi sejauh Kades Sukaluyu tersebut juga tengah berupaya untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola. 

"Sayapun sudah membicarakan terkait pemasangan papan informasi harus segera dipasang  di lokasi kepada pihak PT. Telkom selaku pengelola pembangunan biar seluruh warga menjadi tahu, karena masyarakat ada yang paham dan juga ada yang tidak paham. Disatu sisi juga sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan informasi publik" ungkapnya.

*Di sisi lain pembangunan jembatan ini salah satu momen yang sangat di tunggu dan di harapkan oleh seluruh warga masyarakat guna akses perlintasan demi lancarnya roda perekonomian untuk seluruh warga masyarakat" Pungkas kades diakhir penjelasannya. (H.Asep MR)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update