-->

Notification

×

Pemdes Sukaluyu Giat Pemutahiran Data SDGs Desa Tahun 2021

Thursday, 1 April 2021 | 06:35 WIB Last Updated 2021-03-31T23:35:37Z


Cianjur, journalnews.co.id - Dalam peningkatan atau pemutahiran data SDGs Desa tahun 2021 dan mensinergiskan khusus nya para kelompok kerja (POKJA) sebagai relawan tentang perkembangan di wilayah masing-masing Desa. Pelatihan dan pembinaan di laksanakan pada hari rabu (31/03/21) sekira pukul 09.00 Wib, pemerintah Desa Sukaluyu yang di pimpin H.Uher Suherman.SH mengadakan acara Bimtek atau pelatihan dan pembinaan  kelompok kerja (POKJA) tentang data SDGs Desa tahun 2021 yang berlokasi di Aula Desa Sukaluyu, Adapun peserta yang hadir di acara tersebut salah satu nya Atik Jamilah selaku pendamping Desa, Eros selaku Bhabinsa juga stap Desa Sukaluyu dan para relawan yang hadir dengan jumlah 17 orang.




Kegiatan pelatihan dan pembinaan untuk pemutahiran data SDGs Desa Tahun 2021, menurut Atik jamilah selaku pendamping desa, harus lah orang yang propesional, cerdas, jujur dan juga pintar dalam hal pekerjaan di lapangan, salah satu nya prokes (protokol kesehatan) di situasi masa pandemi covid 19 ini sangat wajib demi terhindarnya penyebaran virus covid 19 yang lagi mewabah ini. SDGs (Sustainable Development Goals) menurut penjelasan Ika Jamilah selaku pendamping desa adalah suatu tujuan percepatan pencapaian tujuan pembangunan Nasional berkelanjut.



Pembangunan desa harus berdasarkan pada kebudayaan lokal atau kearifan lokal yang ada di desa itu. Intinya penggunaan dana desa itu mengacu pada dua hal yakni peningkatan Ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. SDGs Desa memiliki 18 tujuan pembangunan berkelanjutan, SDGs Desa itu adalah :
1.Desa tanpa kemiskinan
2.Desa tanpa kelaparan
3.Desa sehat dan sejahtra
4.Pendidikan desa berkualitas
5.Keterlibatan perempuan desa
6.Desa layak air bersih dan sanitasi
7.Desa berenergi bersih dan terbarukan
8.Pertumbuhan Ekonomi merata
9.Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan
10.Desa tanpa kesenjangan
11.Kawasan pemukiman desa aman dan nyaman
12.Konsumsi dan Produksi desa sadar lingkunฤฃan
13.Tanggap perubahan iklim
14.Desa peduli lingkungan laut
15.Desa peduli lingkungan darat
16.Desa damai berkeadilan
17.Kemitraan untuk pembangunan desa
18.Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaftip.
Selain itu, kepada seluruh pendamping desa yang memberikan pembinaan untuk seluruh anggotanya harus luwes dan bisa di mengerti secara cepat dan tangkap untuk langsung ketika terjun ke lapangan dalam pelaksanakan pendataan sehingga desa sukaluyu menjadi desa yang maju dan tidak tertinggal," Tutur tegasnya pendamping desa.
 
H.Uher Suherman.SH saat di wawancara awak media menjelaskan atas himbauannya, "Saya berharap atas terselenggara acara pelatihan dan pembinaan untuk pemutahiran tentang data SDGs Desa tahun 2021 pada hari ini, menjadikan satu rencana untuk peningkatan dan perkembangan kemajuan desa serta masyrakat desa khusus nya yang ada di wilayah desa sukaluyu dan warga masyarakat di wajibkan tahu tentang program kegiatan kedepan tentang apa saja untuk kemajuan desa baik dari perekonomian, pembangunan dan lain sebagai nya. Karena saya atas nama kepala desa tidak mau ada sipat atau prasangka yang menimbulkan kecemburuan sosial, pada inti nya saya atas nama pribadi dan juga stap yang ada di desa, kami menghimbau  sangatlah terbuka bagi seluruh warga masyarakat khusus nya yang berada di wilayah desa sukaluyu" Dari rakyat untuk rakyat" itulah tukuan kami selaku kepala desa," Pungkas kades (H. ASEP MR)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update