-->

Notification

×

Ros, Perawat ODGJ Berjiwa Kartini

Saturday, 24 April 2021 | 10:38 WIB Last Updated 2021-04-24T05:39:12Z
Gambar: Ros, Perawat ODGJ yang bersahaja


Cianjur, journalnews.co.id - Rumah untuk perawatan dan pembinaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Cibadak RT 02/08 Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi, Cianjur sudah mencapai tahap 80%.
Gambar: Bangunan rumah untuk perawatan dan pembinaan ODGJ mencapai 80% untuk selesai
Gambar: Tampak bagian dalam rumah untuk ODGJ

Rumah ODGJ ini di pelopori oleh empat Desa di Kecamatan Sukaresmi yaitu, Desa Cikancana, Desa Sukamahi, Desa Kubang ,dan Desa Cibanteng.

Rumah ODGJ yang di bangun tepat di belakang rumah Ros (40) selaku perawat keswa di Puskesmas. Adapun jumlah pasiennya yaitu sebanyak 15 Orang.

Berdasarkan keikhlasan dan rasa kemanusiaan Ros ingin ODGJ tidak di pandang sebelah mata oleh siapapun karena pada dasarnya mereka juga manusia yang berhak untuk dihargai sebagaimana pada umumnya. Menurutnya, semua manusia memiliki hak dan derajat yang sama dimata Tuhan, oleh karena itu, apapun kondisi dan alasannya manusia wajib menghormati sesamanya tak terkecuali para penyandang ODGJ.

Karena rasa emansipasinya yang tinggi, dengan tekun para pasien di berdayakan secara produktif agar bisa menghasilkan finansial untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan di ajarkan ketrampilan seperti bercocok tanam dan keterampilan lainnya.

Meski terlihat tegar dan tekun dalam merawat pasien ODGJ rupanya Ros juga sering mengalami beberapa kekhawatiran teknis, diantaranya dalam mengurusi BPJS nanti untuk salah satu pasien. Ia khawatir mengalami kesulitan dalam proses administrasinya. Oleh karena itu, Ia berharap pihak BPJS dapat membantunya untuk mempermudah dalam mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan BPJS.

"Saat ini kendala yang ada bila pasien tidak punya BPJS tolonglah jangan di persulit dan ingin di permudahkan" ungkap Ibu perawat ini dengan tatapan bersahaja.

Berdasarkan kepedulian, emansipasi dan rasa kemanusiaan yang sangat tinggi maka tak berlebihan apabila masyarakat mengenalnya sebagai wanita berjiwa kartini dimasa kini. (Ben/DN) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update