-->

Notification

×

Sinopsis Yayasan Pendidikan Assalam Cokroaminoto Maja

Thursday, 8 April 2021 | 06:08 WIB Last Updated 2021-04-07T23:08:09Z


Sinopsis Yayasan Assalam Cokroaminoto Maja


Majalengka/ journalnews.co.id: Lembaga ini berdiri  tahun 1958 yang lokasinya terletak  di Jl. Pasukan Sindang Kasih Maja Utara Kecamatan Maja. Yayasan yang telah melahirkan para kiyai dan tokoh masyarakat ini berkonsentrasi pada bidang pendidikan dan kegiatan dakwah islamiyah.


Yayasan Assalam didirikan dan dibesarkan oleh jamaah Syarikat Islam . Pembinaan rutin yang berlangsung di yayasan ini adalah pengajian , pembinaan pelajar, mahasiswa dan  pemuda  agar mereka bisa memahami fungsi diri dan tugas pokok sebagai hamba Alloh serta kholifah Alloh di bumi ini. 


Dulu, nama yayasan ini disesuaikan dengan trend dan selera pangsa pasar yang lebih memilih sekolah SMP untuk menitipkan anak-anak belajar. Pada awal berdiri, nama yayasan ini adalah SMP COKROAMINOTO.



Saat itu, kurikulum pun sepenuhnya disesuaikan dengan kurikulum SMP. Setelah itu munculah keinginan agar ada nilai plus dari SMP umum, akhirnya pihak yayasan meramu kurikulum dengan menambahkan materi-materi keagamaan untuk membekali para siswa agar lebih religius. seiring waktu yayasan ini berkembang dan pada akhirnya berdirilah MD, MTs, dan MA.


Labeling sekolah ini akhirnya menjadi pondok pesantren popular yang santrinya berdatangan dari berbagai wilayah baik dari Jawa Barat maupun dari luar pulau jawa bahkan dari Lampung, Ntb & Kalimantan.


Pola dakwah yang terus dikembangkan seiring kebutuhan pasar dan berorientasi pada tuntutan kekinian telah menjadi program unggulan yang melahirkan genarasi baru atau para  santri yang adaptif dengan perkembangan masyarakat yang kompleks dan heterogen. 


Pondok Assalam telah membentuk lulusan (outcome) mampu bersaing di berbagai perguruan Tinggi negeri seperti UIN, UPI, UNAIR dan ada juga yang menembus IPDN. Produk pendidian kami tersebar di mana-mana bahkan ada yang menjadi camat, PNS dan menjadi asatidz di berbagai yayasan pendidikan ternama. Banyak juga alumni yang hidup kreatif berwirausaha dan sukses penuh berkah.

Penulis : Nia Romdhonia, staf pengajar Yayasan Pendidikan Assalam.

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update