-->

Notification

×

AKIBAT GEMPA DI BLITAR 159 BANGUNAN RUSAK

Sunday, 23 May 2021 | 11:42 WIB Last Updated 2021-05-23T04:42:35Z
Gambar: Ilustrasi gempa yang menghancurkan rumah.


Blitar, journalnews.co.id - Gempa berkekuatan 5,9 skala richter mengguncang kawasan Blitar dan sekitarnya, Jumat (21/05/2021). Bupati Blitar Rini Syarifah meminta warganya tenang dan mengantisipasi kemungkinan gempa susulan.
Gambar: Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Bupati Rini kemudian mengupdate data kerusakan akibat gempa. Menurut dia, hingga kini ada 159 bangunan rusak di 19 kecamatan. Dari jumlah itu, ada tiga kecamatan memiliki data kerusakan paling banyak yakni kecamatan Panggungrejo 28 unit, Kanigoro 22 unit dan Kesamben 18 unit.

"Lalu kecamatan Bakung 8 unit, Binangun 13 unit, Doko 4 unit, Gandusari 5 unit, Garum 3 unit, Selopuro 5 unit, Selorejo 1 unit, Srengat 1 unit, Talun 7 unit, Wates 11 unit, Wlingi 5 unit, Wonodadi 1 unit, Wonotirto 6 unit, Kademangan 16 unit, Ponggok 4 unit dan Sutojayan 1 unit," katanya, Minggu (23/05/2021).

Rini menjelaskan, dari total keseluruhan, rata-rata kerusakan bangunan didominasi oleh rusak ringan sekitar 154 unit, sedangkan rusak sedang sebanyak 4 unit dan rusak berat ada 1 unit yakni di Kecamatan Talun. Ia berharap, update data terus dilakukan guna memastikan tidak ada yang tertinggal.

"Saya minta pak Kades, Lurah dan Camat mengecek rumah warganya yang rusak serta segera melaporkan ke tingkat Kabupaten agar diverikasi ulang untuk nantinya bisa diberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak," katanya.

Terkait gempa, Ia menyebut saat ini merupakan masa pemulihan sehingga dibutuhkan peran dari seluruh lapisan masyarakat agar dampak yang ditimbulkan gempa bumi dapat berjalan lancar. Jangan sampai dibiarkan karena bisa membuat mereka berlarut-larut dalam kesedihan.

"Musibah ini adalah tanggung jawab bersama maka seyogyanya kita bantu supaya beban mereka berkurang. Jika tidak bisa dengan materi, kita bisa bantu dengan tenaga membersihkan puing - puing reruntuhan bangunan paska diterjang gempa bumi," kata Bupati Rini. (LBn)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update