-->

Notification

×

Dema FDK dan FISIP UIN SGD Bandung Tuntas Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Ciherang

Wednesday, 5 May 2021 | 20:56 WIB Last Updated 2021-05-05T14:03:45Z



Foto: Penutupan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa. Civitas Akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung Beri Apresiasi.


Bandung, journalnews.co.id: Pada Selasa 04 Mei kemarin, tepat pukul 13.00 WIB telah terlaksana acara penutupan Pengabdian kepada masyarakat di Desa Ciherang, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.


Acara penutupan tersebut dihadiri oleh Civitas Akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung diantaranya, Wakil Dekan 3 Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Muhammad Zuldin, M.Si dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. H. Asep Kusnawan, M.Ag dihadiri juga oleh Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Ahmad Yani, S.Sos., M.Sos sebagai partnership kegiatan beserta organisasi kepemudaan lainnya. 


Turut hadir pula Kepala Desa Ciherang Taofik Mukhlis Ismali, ST beserta jajarannya juga para tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.



Foto: Dr.H. Dadan Suherdiana, M.Ag (Wakil Dekan FDK UIN SGD Bandung-foto bawah) tengah menyampaikan sambutan pada acara penutupan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini dimulai pada tanggal 13 April - 04 Mei 2021. Terhitung selama kurang lebih 21 hari yang di inisiasi oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) FIDKOM yang diketuai oleh saudara Muhamad Ahyani dan DEMA FISIP yang diketaui oleh saudara Muzaki Ahmad Khatami. 


Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag Selaku Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi merasa bahagia dan bangga di situasi pandemi saat ini tetap bergerak menebar kebaikan dimanapun berada dan tidak diam.


"Saya bangga apa yang dilakukan oleh kawan - kawan mahasiwa, di Bulan Ramdhan juga pandemi tidak diam, tetap bisa menebar kebaikan" Ungkap Dr. Dadan dalam sambutannya.


Ia menambakan bahwa landasan teologis kegiatan tersebut tertulis dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 110 berbunyi " Kuntum khaira ummatin ukhrijat linnas.......". Dengan pelaksanaan ini semoga dapat disebut sebagai sebaik baiknya umat karena telah memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat banyak.


Terakhir ia menambahkan semoga kegiatan ini menjadi amal shaleh dilipat gandakan pahalanya dan membawa keberkahan.


Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Muhammad Zuldin, M.Si menuturkan bahwa pengabdian ini merupakan pengimplementasian dari tri  dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian, hususnya pada aspek pengabdian," Katanya.


Pihak Pemerintahan Desa sendiri dalam hal penyampaian sambutan, dilakukan langsung oleh Kepala Desa Ciherang Taofik Mukhlis Ismail, S.T ia mengucapkan banyak terimakasih kepada para mahasiswa yang sudah melaksanakan pengabdian di desa kami.


"Terimakasih saya sampaikan kepada para mahasiswa yang sudah melakukan pengabdian di desa kami, mohon maaf atas segala kekurangannya," Ujarnya.


Ia pun menambahkan bahwa dengan hadirnya mahasiswa pengabdian di desa kami, mulai dari pembinaan UMKM, edukasi pertanian, dan lain - lain sangat berarti bagi kami semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tetapi berkelanjutan kedepan. Pungkas Taofik.


Diakhir sesi Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag selaku Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung turut memberikan wejangan, ia menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini dan semoga berkelanjutan. 


"Kedepannya kami dari LP2M akan membuat sebuah konsepan yang bisa menjadi formula untuk pengabdian dan bisa di sinergikan," Ungkap Dr. Aep saat menyampaikan prakata.


Ia juga menambahkan bahwa sesungguhnya esensi dari pengabdian ini adalah pasca kegiatan pengabdian tersebut. Selama kegiatan lebih kurang 21 hari ini dapat memberikan efek positif atau tidal. Harapannya kegiatan pengabdian ini dapat membenahi problem sosial yang ada di masyarakat baik sektor pendidikan, ekonomi, dan sosio kultur yang ada di Desa Ciherang Ini. Pungkasnya. (Husni AB)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update