-->

Notification

×

GABUNGAN MASYARAKAT DAN ORMAS LAKUKAN AKSI SOLIDARITAS UNTUK PALESTINA

Sunday, 23 May 2021 | 10:37 WIB Last Updated 2021-05-23T03:37:01Z


BANDUNG, journalnews.co.id - Sekitar 12 ribu orang diperkirakan turut serta dalam aksi Solidaritas Masyarakat Jawa Barat untuk Palestina di Kota Bandung, Sabtu (22/5/2021). Jumlah tersebut merupakan data yang disampaikan oleh Penanggungjawab aksi, sekaligus Ketua Dewan Dakwah Jabar, Muhammad Roin.

Pantauan di lapangan, massa aksi mulanya berkumpul di Gedung Sate, Jalan Dipenegoro. Lalu bergerak longmarch menyusuri Jalan Merdeka, dengan tujuan akhir di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung.

Mayoritas massa aksi beratribut syal dan bendera Palestina, serta berbusana gamis. Tepat di depan Gedung Merdeka, sekitar dua mobil komando utama terparkir. Di atas mobil, sejumlah perwakilan massa menyampaikan orasi. 

Roin menyampaikan daftar ormas, komunitas, atau elemen lainnya yang turut serta dalam aksi tersebut. Berdasarkan catatannya, 69 organ yang terdaftar. Terdiri dari ormas Islam hingga ormas kepemudaan lainnya.

Diantaranya, Dewan Dakwah Jabar, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Himpunan Mahasiwa Persis Jabar, Persatuan Ummat Islam (PUI) Jabar, Bobotoh Hijrah, Pemuda Muslim Jabar, dan kelompok Islam lainnya.

Turut tercatat elemen lainnya, seperti Bandung Fighting Club (BFC), Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI), hingga Brigez Indonesia.

Aksi tersebut diharapkan menjadi semacam sarana untuk merekatkan berbagai unsur masyarakat yang memiliki cita-cita yang sama yakni kemerdekaan Palestina, serta kepedulian pada isu-isu kepedulian lainnya.

Roin bahkan menyebut, aksi kali ini tidak hanya diikuti masyarakat Jawa Barat tapi ada pula dari Jawa Tengah, Jawa timur, Sumatera Barat, ada Sumatera Selatan. Mereka, katanya, mewakili secara resmi ormas-ormas yang ada di sana. (LBn)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update