-->

Notification

×

Pemdes Cikancana Kec. Sukaresmi Realisasikan Program P3A Demi Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Sunday, 2 May 2021 | 19:56 WIB Last Updated 2021-05-02T12:56:29Z



CIANJUR, journalnews.co.id - Proyek P3A Mitra Asih Daerah irigasi Citamiang, dilaksanakan di Kampung Bayur Rt 002/004 Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lama pelaksaaan pekerjaan sesuai di RAB dengan jangka watu tujuh puluh hari  kalender kerja. Sumberdana program P3A berasal dari APBN dengan total biaya seratus sembilan puluh lima juta rupiah (RP. 195 000.000), Minggu (02/04). 


Pedoman pemberdayaan perkumpulan petani pemakai Air P3A Desa Cikancana, adalah suatu wadah bagi himpunan petani pemakai Air, yang bersipat sosial ekonomi, budaya dan berwawasan.



P3A adalah pengelola atau memelihara jaringan tersier, yang menjadi solusi secara mandiri terhadap persoalan menyangkut airi irigasi yang timbul ditingkat pertanian.

Karena penyediaan air irigasi bagi setiap tanaman padi menjadi kunci utama yang mendukung terhadap produksi pangan.

Terjaminya penyediaan Air irigasi bisa di upayakan melalui peran serta para petani pemakai Air (P3A). 



Kadus Endang memaparkan perihal P3A, bahwasanya, penyediaan sarana dan prasarana yang lebih memadai harus menjadi fokus dalam peningkatan pangan.

Di antaranya harus adanya pembangunan saluran atau rehabilitasi saluran irigasi,  maka dengan adanya pembangunan irigasi maka dapat membantumasarakat petani di bidang pertanian, yang tadinya sulit akan Air, sekarang jadi lancar." pungkas Kadus.

Program pembangunan saluran irigasi P3A mitra Asih Daerah irigasi Citamiang berjalan lancar, bahkan mendapat tanggapan baik dari para petani di Kampung Bayur Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur.(Rafli Hidayat) 

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update