-->

Notification

×

Sosialisasi dan Penyurveian Untuk Tani Porang di Cianjur

Sunday, 30 May 2021 | 16:15 WIB Last Updated 2021-06-11T20:42:42Z

Gambar: Pohon porang.

Cianjur, journalnews.co.id - Demi kemajuan dan pengembangan dalam sektor pertanian, perekonomian serta ketahanan pangan, pihak perusahaan bermaksud untuk mengembangkan atau meningkatkan perekonomian di bidang pertanian porang dengan rencana bergabung sama pihak Koprasi Cianjur Porang Nusantara (KCPN). Selaku anggota poktan Sukaluyu sekaligus Pimpinan dari perusahaan yang berlokasi di wilayah Desa Sukamulya Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, memanggil Bangbang Subekti beserta rekannya dari Perkumpulan Petani Porang Nusantara (P3N) dan Koprasi Cianjur Porang Nusantara (KCPN) selaku ahli di bidang pertanian tanaman liar atau Iles-iles yang juga familiar disebut Suweug yang masuk klasifikasi yang sama dengan tanaman porang.


Dalam beberapa waktu belakangan, klasifikasi tanaman jenis porang memang tengah hangat diperbincangkan baik itu di jajaran petani, pengusaha maupun dikalangan masyarakat secara umum.




Selaku salahsatu bagian dari Litbang di koperasi P3N Cianjur, Bangbang Subekti dinilai sudah berhasil mengembangkan bidang pertanian jenis porang sebagai wujud kemajuan ketahanan pangan yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan.

"Selain hasilnya secara ekonomi cukup menggiurkan, porang salah satu bahan untuk kebutuhan pangan, baik itu untuk kosmetik dan juga untuk makanan konsumsi sehari-hari" ujar pria yang akrab di sapa Pak Bangbang ini pada Minggu (30/5/21).

"Di sisi lain porang yang kaya dengan kalori dan karbohidrat yang tinggi juga mengandung vitamin C dan juga serat lainnya, maka Saya dan rekan-rekan begitu semangat untuk memajukan bidang pertanian porang yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur." Tambahnya.

Selain itu, Ia beserta rekan-rekan petani lainnya juga sudah membentuk Koperasi Cianjur Porang Nusantara (KCPN) yang di ketuai oleh Deden sebagai bentuk keseriusan dalam membangun sektor ekonomi dari bidang pertanian.

Meski sudah berusia lanjut, berkat keseriusan dan keuletannya dalam bidang pertanian kini nama Bangbang Subekti cukup familiar dikalangan para petani maupun masyarakat. Tidak hanya itu, selain dikenal sebagai sosok yang rajin Ia juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan dermawan karena Ia tidak akan sungkan untuk berbagi ilmu pertanian dalam bidang penanaman dan pengelolaan porang. (HAM/RH)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update