-->

Notification

×

Tanggapi Aduan Kerusakan, PDAM Tirta Mukti Lakukan Perbaikan Pipa Saluran Air

Sunday, 30 May 2021 | 11:27 WIB Last Updated 2021-05-30T04:36:46Z
Gambar: Para pekerja PDAM bagian lapangan tengah memperbaiki kerusakan pipa saluran air.

Cianjur, journalnews.co.id - Menanggapi laporan dari masyarakat terkait kebocoran pipa yang berlokasi di Jl. K.H Opo Mustopa Kampung Kebon Salak RT 04/02 Desa Sindang Asih Kecamatan Karang Trngah, Cianjur, Koordinator lapangan PDAM Tirta Mukti laksanakan perbaikan kurang dari 1x24 jam dari pelaporan yang di adukan.
Gambar: Pekerja lapangan tengah memperbaiki pipa saluran air.

Menurut Limlim (50) selaku bagian dari Koordinator lapangan, setiap aduan yang berkaitan dengan lapangan pihaknya akan selalu berupaya menanggapinya secepat mungkin. Berhubung laporan yang diadukan terkait kebocoran pipa yang berada di Jl. K.H Opo Mustopa pihak terima tengah malam, oleh sebab itu Ia tidak langsung turun ke lokasi mengingat para pekerja juga ketika itu sudah pulang ke rumahnya masing-masing usai melakukan perbaikan di Desa Cirumput.

"Kami menerima laporan kebocoran di Jl. K.H Opo Mustopa ini tengah malam. Kebetulan waktu itu para pekerja lapangan juga udah pada pulang jadi tidak bisa langsung di cek ke lokasi. Mengingat Saya pribadi pun sebelumnya kurang tau letak Jl. K.H Opo Mustopa jadi yang Saya lakukan pertama kali cari dulu alamatnya jadi ketika di pagi harinya para Kami bisa langsung ke lokasi yang di maksud" ujar Limlim menjelas ketika di temui dilokasi perbaikan pada Minggu pagi (30/5/21) pukul 09:15 WIB.

Tidak berselang lama para pekerja lapangan dapat memperbaiki kebocoran pipa sehingga pipa berjalan normal seperti sedia kala sehingga luapan air yang mulanya membasahi jalan dapat diatasi.
Gambar: Sebelum diperbaiki air meluap membasahi area jalan.

Gambar: Setelah diperbaiki luapan air yang membasahi jalan dapat diatasi.

Menurut penuturan Limlim juga, kebocoran tersebut diduga akibat tanah tempat mengubur pipa paralon tersebut tergilas oleh kendaraan besar bermuatan berat sehingga mengakibatkan pipa saluran air jadi terbelah dan air pun meluap ke permukaan jalan.

"Ada kemungkinan kebocoran ini diakibat tanah diatasnya tergilas oleh kendaraan besar bermuatan berat, jadi tekanan terhadap pipa saluran air jadi semakin besar sehingga mengakibatkan kerusakan dan air pun meluap kepermukaan" jelasnya.

Selain dari pada itu, Ia juga menjelaskan bahwa pipa saluran air juga bisa rusak akibat tekanan udara yang terperangkap di dalam saluran, oleh karena itu maka tak jarang senantiasa ada laporan terkait kebocoran di berbagai titik tertentu.

"Banyak faktor juga yang mengakibatkan pipa saluran jadi bocor, salah satunya seperti kejadian tekanan udara yang terperangkap didalam pipa, maka gak jarang jura ada pipa yang tiba-tiba terbelah dan air pun bocor" katanya.

Oleh karena faktor tersebut, Limlim selaku koordinator lapangan senantiasa melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap pipa-pipa milik PDAM Tirta Mukti.

"Demi antisipasi terhadap kerusakan aja, Kami juga senantiasa melakukan pengecekan setiap harinya dan setelah perbaikan ini juga Kami akan langsung bergegas ke Cimaya dan Polres Cianjur karena barusan ada laporan di dua titik tersebut ada kerusakan dan setelah itu Kami akan melakukan pengecekan juga ke titik-titik tertentu" pungkasnya diakhir penjelasan. (JMA)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update