-->

Notification

×

PEGIAT ALAM CIANJUR TURUN TANGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH DI JALUR PENDAKIAN CIBODAS DAN CURUG CIBEREM

Friday, 18 June 2021 | 17:05 WIB Last Updated 2021-06-18T10:05:18Z


Cianjur, journalnews.co.id - Taman Nasional Gunung Gede Panggrango “TNGGP” adalah aset Negara dan milik bangsa. Sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan keaneragaman flora dan fauna serta isi didalamnya, sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan lokal maupun manca Negara. TNGGP yang terletak di Cipanas puncak kabupaten Cianjur tepatnya di desa Cimacan kecamatan Cipanas, Cianjur. 


TNGGP menyajikan wisata alam yang eksotis dengan keasrian alamnya seperti Curug Cibereum, jembatan gantung, lapangan golf, camping ground dan juga pendakian gunung gede dan pangrango. Tak heran disetiap weekend ataupun hari libur selalu diserbu pengunjung lokal dan asing, tak kurang dari 1000 pengunjung disetiap weekendnya. Pengunjung memadati jalur puncak Bogor dan Cipanas.


"Dari banyaknya pengunjung yang datang ke TNGGP, permasalahan sampah pun tak terlekan di wilayah Tanaman nasional terkhusus di jalur pendakian dan Curug Ciberem. Dari kurangnya kesadaran para pengungunjung permasalahan sampah masih menjadi momok bagi taman nasional". Hal ini di ungkapkan oleh Sobirin selaku kepala resort Cibodas.


Informasi terkait penumpukan sampah di jalur pendakian Cibodas dan Curug ciberem menyebar sangat cepat sampai ke telinga para aktivis dan pegiat alam.


Dari informasi itu para aktivis dan pegiat alam merespon dengan cepat, mereka bergabung dengan pegiat alam Mahatala Unpi, Mahatala Febi Unsur, Mapaska Unsur, Jabal Stais Al Azhari. Untuk melakukan Opsi pengambilan sampah di jalur pendaki dan Curug Ciberem.

“Kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan aktivis dan pegiat lingkungan Unpi, Unsur dan Stais. Telah membantu kami dalam operasi sampah di jalur pendakian dan curug ciberem”. Ujar Sobirin. 

Sobirin juga menghimbau kepada para pengunjung cibereum dan pendaki, ketika memasuki wilayah taman nasional harus membawa surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak balai melalui booking online bagi pendakian dan wisata Curug Cibereum bisa dibeli di resort cibodas.

“Ketika pengunjung masuk ke wiliyah taman nasional dengan membawa surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak balai secara syah. Jika seandainya terjadi sesuatu dalam pendakian maupun di wisata curug bisa di cover oleh asuransi yang sudah termasuk dalam SIMAKSI dan Tiket karcis wisata curug cibereum”. Ujar Sobirin. 

"Operasi sampah ini akan berkelanjutan dan bekerja sama dengan pegiat alam kabupaten Cianjur. Serta pihak Resort Cibodas akan selalu memfasilitasi setiap kegiatan yang menyangkut dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango." Pungkasnya (Iki)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update