-->

Notification

×

Terkait Surat Kelulusan: Agus Kasek SDN Tegalsari II Minta Wartawan Jangan Beritakan

Thursday, 17 June 2021 | 06:26 WIB Last Updated 2021-06-17T00:26:55Z

Karawang, journalnews.co.id – Orang tua siswa kelas VI SD Negeri Tegalsari II Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, mempertanyakan surat keterangan lulus nomor 421.2/49/SD/2021 yang dikeluarkan pihak sekolah pada tanggal 15 Juni 2021 kemarin.

Pasalnya, dalam surat keterangan lulus yang ditandatangani oleh kepala sekolah Agus Setiawan, S.Pd terdapat keganjilan, isi surat kelulusan yang biasanya hanya ada kalimat Lulus dan Tidak Lulus ini ada tambahan tulisan Belum Lulus.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu orang tua siswa kelas VI SD Negeri Tegalsari II kepada wartawan dirumahnya. 

"Anak saya mendapat surat kelulusan dari sekolah, ketika dibuka isinya belum lulus . Kan aneh baru kali ini ada surat kelulusan seperti itu. Maksudnya bagaimana saya tidak paham," ungkap orang tua siswa tersebut, Rabu (16/06/2021).

Dengan kejadian ini, para orang tua siswa kelas VI menjadi gaduh, dan penuh tanya, ada apa sebenarnya pihak sekolah mengeluarkan surat kelulusan bunyinya seperti ini. 

Dari informasi anaknya, saat ini ada sekitar 13 siswa yang menerima surat kelulusan demikian.

"AND, DM, AJM, GL, EKL, SFL, RMT, WLD, dan masih ada nama lainnya, yang lebih tahu anak saya, sekarang sedang dipanggil oleh sekolah," terangnya. 

Ketika dikonfirmasi perihal itu kepala SDN Tegalsari II, Agus Setiawan, S.Pd membenarkan, bahwa ada sebagian anak didiknya yang menerima surat kelulusan Belum Lulus.

"Dari jumlah 31 siswa kelas VI, kalau tidak salah ada 10 anak yang menerima surat belum lulus. Itu merupakan kebijakan internal, dan sebelumnya sudah dimusyawarahkan antara guru kelas VI dan beberapa guru lainnya," terang Agus di SDN Sukatani I.

Dijelaskan Agus, ide tersebut berawal dari guru kelas enam yang meminta diantara siswanya perlu diberikan sokterapi atau pembinaan. Karena tidak melaksanakan kewajibannya seperti ujian praktek, juga terdapat nilai yang kurang. Namun, Agus berjanji pada akhirnya akan lulus semua.

"Sebenarnya surat kelulusan itu isinya lulus semua. Karena ada ide seperti itu disimpan dulu, lalu dibuat surat kelulusan kedua dengan bunyi belum lulus. Kedua-duanya saya tandatangani dan stempel basah. Tolong jangan diberitakan yah, takut rame. Biar jelas bisa temui Pak Tata guru kelas enam," pungkasnya.

Menanggapi hal itu ketua K3S Cilamaya Wetan,H.Asep Sutisna, mengatakan, tidak ada aturan baku tentang surat kelulusan yang mengharuskan isinya Lulus dan Tidak Lulus. Itu merupakan kebijakan masing-masing sekolah. 

"Ya mungkin itu lah kebijakan pihak SDN Tegalsari II. Ambil sisi positifnya aja," singkat Asep. (Irwan IJB)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update