-->

Notification

×

Toilet SPBU Gratis Atau Bayar? Begini Penjelasan Pertamina

Friday, 18 June 2021 | 15:20 WIB Last Updated 2021-06-18T08:21:33Z
Gambar: Logo SPBU Peetamina 'Pasti Pas'

Cianjur, journalnews.co.id - Tidak sedikit para pengendara yang tengah mengisi BBM maupun berhenti hanya untuk numpang di toilet SPBU masi merasa bingung apakah penggunaan fasilitas toilet gratis atau bayar? Pertanyaan ini sering muncul dibenak para pengendara yang tengah mapir ke area SPBU.

Ya. salah satu fasilitas yang sering digunakan di SPBU, khususnya milik Pertamina adalah fasilitas toilet umumnya. Biasanya ada kotak uang yang disiapkan untuk tempat membayar biaya memakai toilet.

Yang jadi pertanyaan,"kalau memang sudah menjadi fasilitas dari SPBU Pertamina, kenapa masih harus membayar?"Kata Kang Asep Pelanggan SPBU 34.432.23 Jalan Raped Tungturunan Ini.

Jika diperhatikan, tidak sedikit Penjaga Toilet SPBU meminta tarif Rp 2.000 untuk sekali menggunakan toilet dan sulit menemukan SPBU yang memasang tarif toilet, apalagi di Wilayah Kabupaten Cianjur Ini.

Salah satu petugas penjaga toilet Dadi Bilang Bahwasannya dia hanya menjalankan tugas atau pekerjaannya menjaga toilet dan menyetorkan uangnya ke atasannya dikarenakan bos/majikannya sudah menjalin kerjasama (kontrak) dengan management SPBU, Jumat (18/06/21).

Padahal jika dilihat pada UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, disebutkan bahwa penyelenggara berkewajiban untuk menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya iklim pelayanan yang memadai.

Bahkan lebih spesifik pada Pasal 21 menjelaskan komponen standar pelayanan sekurang-kurangnya meliputi, dasar hukum, persyaratan, sistem, mekanisme, dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk pelayanan, sarana, prasarana, dan/atau fasilitas, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, penanganan pengaduan, saran, dan masukan, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan dalam bentuk komitmen untuk memberikan rasa aman, bebas dari bahaya, dan risiko keragu-raguan dan evaluasi kinerja pelaksana.

Rini Agent call center pertamina 135 saat dihubungi tim Investigasi via telpon menyatakan terkait toilet SPBU yang berbayar tergantung dari kebijakan SPBU masing-masing. Apabila SPBU tersebut SPBU COCO (Company Operation Company Owner) Yang Artinya sepenuhnya milik Pertamina maka fasilitas toiletnya tidak perlu bayar alias gratis dan apabila SPBU nya berjenis DODO (Dealer Operation Dealer Owner) yang artinya DODO sepenuhnya milik swasta sehingga managementnya pun dikelola oleh swasta dan kebijakan management untuk mengelola fasilitas umum seperti toilet ini. (Ben)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update