-->

Notification

×

Warga Pasar 2 Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi di Tengah Pandemi Covid-19

Monday, 26 July 2021 | 07:34 WIB Last Updated 2021-07-26T00:34:49Z


Karawang, journalnews.co.id - Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat kampung pasar 2 Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang.

Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas semua karunianya yang diberikan kepada warga.

Salah satu warga, Karnawi, mengatakan bahwa sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar. “Tanah yang kita pijak setiap hari, dan segala sesuatu yang kita lakukan dimuka bumi, maka kita perlu merawat dan bersedekah melalui hajat bumi ini," ungkapnya, Minggu (25/07/2021).

Pelaksanaan sedekah haja bumi kali ini sangat berbeda, dengan pelaksanaan sebelumnya. Ini disebabkan masih dalam suasana pandemik covid-19, dilakukan di setiap lingkungan Rukun Tetangga (RT), hanya kegiatan Ritual doa bersama. Namun demikian pelaksanaan kali ini tetap berjalan dengan hidmat dan sakral.

Acara Sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat pasar 2 agar selalu diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala/ wabah pandemic covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

Pelaksanaan Sedekah Bumi melibatkan semua elemen, mulai dari perangakat desa, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama, serta warga masyarakat baik laki-laki maupun perempuan. (Irwan IJB)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update