-->

Notification

×

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung Selenggarakan PBAK Daring

Sunday, 5 September 2021 | 18:09 WIB Last Updated 2021-09-05T11:09:51Z



Gambar: Rangkaian kegiatan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung saat di selenggarakan PBAK daring.


BANDUNG: Sebagai salahsatu rangkaian penyambutan dan penerimaan mahasiswa baru, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK). Acara dilaksanakan pada Selasa (31/08) melalui jaringan zoom meeting.


Ketua Pelaksana, Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan 3 menyatakan bahwa PBAK pada tahun 2021 mengambil tema "Harmoni Keberagamaan dan Keindonesiaan Menuju Indonesia Emas" yang bertujuan untuk memperkuat moderasi Islam dalam lingkup keindonesiaan. 


"Tema ini bertujuan untuk memperkuat dakwah moderasi beragama di Indonesia. Hal ini sebagai kewajiban kita semua dalam membangun keharmonisan kebangsaan", ungkap Dadan.


Dadan menambahkan bahwa pelaksanaan PBAK sebagai ruang pengenalan atmosfer pendidikan tinggi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.


"PBAK adalah momen penting untuk saling mengenal, memperkuat budaya pendidikan, penelitian dan pengabdian sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi", tambahnya.


Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag dalam penyambutannya menyampaikan bahwa PBAK sebagai bagian penting dalam membangun tren akademik positif di dunia kampus. Hal ini dilakukan melalui aktivisme kampus yang berdimensi pada intelektualitas dan spiritualitas.


"Budaya akademik akan terbangun melalui tiga hal: kepercayaan diri, kedewasaan intelektual dan mentalitas. Ketiganya adalau fondasi untuk menciptakan atmosfer akademik yang positif dan transformatif", ungkapnya.


Selain itu, Dekan menyampaikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa baru FDK yang telah melewati kompetisi secara positif dalam ikhtiar untuk memasuki gerbang candradimuka komunitas intelektual masyarakat.

"Sebagai dekan, saya bukan hanya menyampaikan selamat karena telah berhasil memasuki kampus ini, tetapi dengan bangga kami sampaikan menyambut rekan-rekan sebagai keluarga besar FDK dan tergabung dalam komunitas pembela agama Allah", tambahnya.


Dekan menambahkan tentang nilai-nilai luhur yang menjadi warisan dari Sunan Gunung Djati. Bahwasanya upaya memperkuat budaya akademik tidak boleh melupakan warisan yang menjadi jatidir bagi civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


"Sunan Gunung Djati mewariskan nilai-nilai dakwah yang berdaya, berbudaya dan memasyarakat. Karenanya, beruntunglah kita menjadi penerus nilai-nilai kebaikan yang telah diwariskan oleh Sunan Gunung Djati. Semoga kita menjadi bagian dari inisiator kebaikan yang melanjutkan narasi perjuangan Sunan Gunung Djati", pungkasnya.


Kegiatan PBAK FDK diikuti oleh 1128 mahasiswa baru dari berbagai jurusan. Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan PBAK Universitas yang berlangsung pada 30-31 Agustus 2021.


Kegiatan PBAK FDK diisi dengan berbagai pengenalan budaya fakultas baik dari sisi akademik, administra dan kepegawaian, serta kemahasiswaan dan alumni. Selain itu, kegiatan PBAK FDK berorientasi pada konstruksi mentalitas dan jatidiri mahasiswa sebagai calon dai yang melanjutkan nilai-nilai Sunan Gunung Djati.


Direncanakan kegiatan PBAK FDK dilanjutkan dengan kegiatan PBAK di tingkat jurusan masing-masing.


Selamat bergabung mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mari menggemberikan dakwah dan memberdayakan umat. FDK Jaya, Dakwah Berjaya! (RR02)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update