-->

Notification

×

Prodi MHU FDK UIN Bandung Gelar PBAK Angkatan kedua

Wednesday, 8 September 2021 | 09:17 WIB Last Updated 2021-09-08T02:23:59Z





BANDUNG: Prodi Manajemen Haji dan Umrah menggelar acara Perkenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru Angkatan kedua tahun akademik 2021/2022 yang diselenggarakan secara virtual melalui media zoom meeting dihadiri Guru Besar Prodi MHU, Ketua dan Sekretaris Prodi, para dosen dan staf serta seluruh mahasiswa baru Angkatan kedua.

Acara tersebut diawali dengan bersama membaca talbiyah “Hari ini kita membaca talbiyah bersama di ruang virtual, semoga kelak kita membaca talbiyah bersama di tanah suci Mekkah” ungkap Yuyun MC acara PBAK tersebut. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Soleh, terjemah Bahasa Inggris oleh Hana Diviyah dan Terjemah Bahasa Sunda oleh Gina Fitriyani, ketiganya mahasiswa mahasiswi Prodi MHU Angkatan pertama.




PBAK adalah hal penting bagi mahasiswa baru dalam upaya mengenal budaya akademik dan kemahasiswaan sebagai bekal perkuliahan. Ketua Prodi MHU Dr.H.Asep Iwan Setiawan,M.Ag dalam sambutannya mengatakan “MHU bagian dari UIN Sunan Gunung Djati, harus bisa mewarisi spirit dakwah Sunan Gunung Djati, dengan jiwa semangat dan agamis yang luarbiasa bersama-sama mewujudkan visi misi prodi MHU dan mampu mengaplikasikan tag line MHU yaitu MABRUR maju, agamis, berdayasaing, ramah, unggul dan responsif” ungkap H.Asep.

Hadirnya prodi Manajemen Haji dan Umrah di Fakultas Dakwah, memiliki alasan filosofis yang jelas bahkan dikatakan bahwa dalam kata Manajemen Haji dan Umrah tersimpan kata dakwah “Manajemen (DAkwah) Haji dan Umrah”. Hal ini diungkapkan Guru Besar Prodi MHU Prof.Dr.KH.Dindin Solahudin,MA dalam arahannya. “Perhelatan haji dan umrah itu momentum istimewa bukan hanya dalam kerangka keagamaan namun juga dalam kerangkan kebangsaan. Dalam ibadah haji dan umrah ada ruang dakwah yang besar, ultimate goalnya adalah pembentukan pribadi berkualitas taqwa dan pembangunan masyarakat khairu ummah sebagai modal membangun baldah thayyibah” jelas KH.Dindin.

Sebagai mahasiswa prodi MHU dengan prospek dalam bidang haji dan umrah, tidak cukup hanya dengan menguasai Bahasa Arab namun harus memiliki leadership, pemahaman kultur budaya Arab dan berusaha mengaplikasikan tag line MABRUR Prodi MHU” ungkap KH.Abdul Mujib dalam pemaparan materinya tentang character building mahasiswa Prodi MHU.

Dr.H.Dadan Suherdiana,M.Ag Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengatakan bahwa Prodi MHU ini adalah prodi istimewa di Fakultas Dakwah “Baru Angkatan kedua namun nampaknya kehadiran prodi ini seperti primadona, kapalnya besar istimewa dan siap berlayar, maka tidak heran jika peminatnya selalu banyak diluar dugaan termasuk Angkatan kedua ini” ungkap H.Dadan.

Dalam acara PBAK tersebut, dilaksanakan pula pemilihan struktur kelas dan penanggung jawab Mata Kuliah di ruang zoom perkelas yang dipandu oleh 3 dosen Prodi MHU yaitu Fathin Anjani Hilman,M.Pd, Yuyun Yuningsih,S.Sos.I, M.Ag dan Putri Diesy,SE.Sy,ME. Dilanjutkan dengan quiz online untuk mendapatkan 6 dooprize dan ditampilkan pula kreasi seni dari mahasiswi MHU Angkatan pertama yaitu Inggridyaningrum.

Acara tersebut diakhiri dengan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Prodi MHU Dr.H.Rohmanur Aziz,M.Ag sembari berterimakasih kepada semua pihak, kepada dekanat, narasumber, dosen dan staf yang telah bekerjasama melaksanakan acara PBAK tersebut dan berterimakasih kepada semua mahasiswa baru yang telah mengikuti PBAK. 

Acara PBAK Prodi MHU tersebut dapat disaksikan ulang melalui layanan linimasa Chanel YouTube Manajemen Haji dan Umrah FDK UIN Bandung. (YY/ Rimba Raya)

 

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update